Selasa, 17 April 2012

Menstabilkan Simply Juicy Tropical  dengan Homogenisasi

Salah satu keunggulan Simply Juicy Tropical jeruk mandarin (citrus) adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Flavonoid yang terkandung dalam jus memiliki aktivitas antioksidan yang baik. Beberapa penelitian membuktikan, bahwa flavonoid memiliki kemampuan antimikroba, antikarsinogenik, dan antiaggregative. Hal ini penting untuk mengurangi risiko serangan penyakit kardiovaskuler. Komponen flavonoid utama dalam Simply Juicy Tropical jeruk mandarin adalah narirutin, hesperidin dan dydimin. Aktivitas antioksidan flavonoid tersebut telah mengalami beberapa pengujian, diantaranya oleh So et al. (1996), yang hasilnya menyimpulkan, bahwa hesperidin dapat menghambat terjadinya kanker payudara. Dengan keunggulan tersebut, banyak inovasi yang bisa dilakukan, diantaranya dengan menciptakan produk impregnated apple dari jus jeruk mandarin dengan bantuan proses homogenisasi.
Berdasarkan hasil-hasil penelitian yang ada, jus jeruk mandarin dapat menjadi pangan fungsional dan memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan.
Namun, perlu juga diperhatikan, bahwa salah satu parameter mutu dari jus jeruk mandarin adalah cloudiness (kekeruhan). Pada cloud jus tersebut terdapat membran dan organel sel, chromatophores, oil droplet, flavonoid crystal, dan fragmen dinding sel -seperti pektin, selulosa, serta hemiselulosa (Baker dan Cameron, 1999). Ukuran partikel cloud tersebut berkisar antara 400 hingga 5000 nm. Partikel dengan ukuran yang lebih kecil dari 2000 memiliki kondisi yang paling stabil. Oleh sebab itulah, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan cloudiness jus jeruk adalah dengan mengurangi ukuran partikelnya dengan homogenisasi.
Homogenisasi menjadi bagian penting dalam industri jus jeruk. Proses ini dapat meningkatkan yield dan memperbaiki beberapa parameter mutu seperti viskositas, warna, cloudiness, dan stabilitas padatan terlarut.
Penulis melakukan penelitian menggunakan apel yang dipotong-potong (berdiameter 65 mm (eksternal) dan 21 mm (internal) mengikuti axis vertikal) untuk mengetahui komponen fungsional jus yang terikat pada matriks apel. Kombinasi apel dan Simply Juicy Tropical ini diharapkan dapat menghasilkan pangan fungsional dalam bentuk lain, yakni impregnated apple.

Referensi
  • Baker, R.A., & Cameron, R.G. (1999). Clouds of citrus juices and juice drinks. Food Technology, 53, 64-69.
  • So, F.V., Guthrie, N., Chambers, A.F., Moussa, M., & Carroll, K.K. (1996). Inhibition of human breast cancer cell proliferation and delay of mammary tumorigenesis by flavonoids and citrus juices. Nutrition and Cancer, 262, 167-181.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar